Arthur Grager
Menurut Arthur Grager, Office Management is the function of
administering the commonication and record service of an organization
(Manajemen Perkantoran adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap
komonikasi dan pelayanan waktu dan suatu organisasi).
2. William Leffingwell & Edwin Robinson
Menurut William Leffingwell & Edwin Robinson, Office management
as e function, is the branch of the art and science of management which
is concerned with the effecient performance of office work, whenever and
wherever that work is to be done (Manajemen perkantoran sebagai sesuatu
fungsi adalah cabang dari seni dan ilmu manajemen yang berkenaan dengan
pelaksanaan pekerjaan perkantoran itu harus dilakukan).
3. Hal Nourse
Menurut Hal Nourse, It seems to me that office management in the
broather sense might embrance, not only the generally accepted service
function, but also the arise og functional control administrative
direction of most clerical and paperwork (Manajemen perkantoran dalam
arti lebih luas dapat mencakup tidak hanya fungsi-fungsi pelayanan
perkantoran yang telah diterima pada umumnya, melainkan juga
bidang-bidang mengenai kontrol fungsional dan pengarahan administratif
terhadap kebanyakan pekerjaan kertas dan tulis).
4. George R. Terry
Menurut George R. Terry, Manajemen perkantoran adalah perencanaan,
pengawasan, dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakkan
mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai
tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
5. Prajudi Atmosudirjo
Menurut Prajudi Atmosudirjo, Manajemen perkantoran adalah gabungan
dan kombinasi antara corporate management (kantor sebagai kesatuan yang
terdiri atas gedung, tanah, personil, dan perlengkapan), dan operation
management (pekerjaan kantor).
6. Moekijat
Menurut Moekijat, Manajemen perkantoran adalah penerapan
fungsi-fungsi manajemen pada kantor, yaitu perencanaan,
pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan kantor agar tujuan kantor
dapat tercapai dan pegawai-pegawai merasa puas.
7. Rifhi Siddiq
Menurut Rifhi Siddiq, Manajemen perkantoran merupakan suatu metode
yang dilakukan dengan memperhatikan fungsi-fungsi manajemen berkaitan
dengan pekerjaan perkantoran yang telah direncanakan sebelumnya.
8. Millis Geoffrey
Menurut Millis Geoffrey, Manajemen kantor adalah seni membimbing
personel kantor dalam menggunakan sarana yang sesuai dengan
lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan.
0 Komentar
Jangan kemonter hal yang tidak penting