Unordered List


Prinsip Dasar Akuntansi






 PERINSIP-PERINSIP DASAR AKUNTANSI

Berdasarkan sedikit penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan sebenarnya akuntansi perbankan sama dengan akuntansi pada umumnya hanya terdapat beberapa penyesuaian untuk beberapa hal. Terdapat 2 (dua) prinsip akuntansi perbankan yang perlu Anda pahami:

1. Pencatatan Pendapatan Berbasis Cash

Seperti yang diketahui bersama, pendapatan utama perbankan berasal dari kredit yang disalurkan kepada masyarakat. Pendapatan bank memiliki hubungan berbanding lurus antara waktu dan tingkat bunga. Jadi semakin lama waktu penggunaan kredit dan semakin besar tingkat bunga yang ada maka pendapatan bank juga semakin besar. Hukum tersebut juga berlaku ceteris paribus atau sebaliknya.
Ironisnya, praktek perkreditan di Indonesia masih banyak mengalami kemacetan. Jika dibiarkan akan menjadi risiko yang besar. Untuk itu, pihak bank memerlukan kegiatan pencegahan. Cara yang dilakukannya adalah dengan mencatat pendapatan tersebut menggunakan kas basis. Sehingga saat bank belum menerima secara tunai, mereka akan mencatatnya sebagai tagihan bukan pendapatan.

2. Pencatatan Biaya berbasis Akrual

Berbeda dengan pencatatan pendapatan yang berbasis kas, pencatatan biaya pada perbankan dilakukan secara akrual. Salah satu jenis biaya yang ada adalah biaya dana. Biaya dana merupakan biaya terbesar yang ada di bank. Besar kecilnya biaya dana ditentukan dari waktu untuk menggunakan biaya tersebut dan tentu saja tingkat bunga yang berlaku. Selain biaya dana, juga terdapat biaya lain yakni prepaid expense dan deffered changes. Kedua biaya tersebut digolongkan dalam biaya operasional perusahaan. Oleh karena itu pencatatan sistem akuntansi yang digunakan untuk mencatat biaya adalah sistem akrual.
Untuk memudahkan Anda mengelola laporan keuangan bisnis, Anda dapat menggunakan software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang mudah dan dapat membantu Anda adalah Jurnal. Jurnal menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan terotomatis. Selain itu, Jurnal juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Menarik bukan? Nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari. Informasi lengkapnya, silahkan klik di sini.

Posting Komentar

0 Komentar